.

Selamat Datang Di Mari Belajar IPS

Rabu, 14 April 2010

Perkembangan Pada Masa Hindu-Buddha di Indonesia

Agama Hindu
Pada sekitar 1500 SM, Bangsa Arya berhasil menaklikan penduduk asli, Bangsa Dravida di India. Kemudian lahirlah agama Hindu yang meupakan kepercayaan bangsa Atrya dan bangsa Dravida. Agama Hindu mempunyai banyak dewa. Namun 3 dewa yang selalu senantiasa dipukja yaitu: Dewa Brahmana, Dewa Wisnu, Dewa Syiwa.
Agama Hindu mengajarkan bahwa tujuan manusia adalah menyatu kembali pada sumber yang ada yakni: Brahmana. Karena hidup meupakan penderitaan aka tujuan yang hendak dicapai adalah bagaimana agar seseorang terhindar dari dilahirkan kembali supaya tidajk mengalami penderitaan. Untuk itu, tujuan yang hendak diraih adalah Moksha, yaitu terbebas dari dilahirkan kembali.
Ada 4 kasta dalam agama Hindu yaiu:
1. Kasta Brahmana
2. Kasta Ksatria
3. Kasta Waisya
4. Kasta Sudra
Ada kasta yang lebih rendah dari ke-4 kasta diatas adalah kasta paria.


Agama Buddha
Buddha adalh sebutan untuk seeorang yang telah mencapai penerangan sempurna. Agam Buddha disebakan oleh Siddharta Gautama dari kasta ksatria. Beliau adalah seorang pangeran dari kerajjan Kappilavattu dari suku Sakya dengan ayah yang berama Suddhodana dan ibu yang bernama Maha Maya. Konsep agama Buddha dal mengajarkan bahwa hidup ini adalah menderita karena mengalami lahir,sakit,dan mati. Seseorang dapat masuk Nibbana dianggap telah terbebas dari ketidaktahuan, terbebas dari penderitaan, terbebas dari kelahiran kembali.
Seluruh ajaran Sang Buddha terdapat dalam buku Tripitaka/Tipitaka yang tediri atas:
1. Vinaya Pittaka berisi tntang peraturan para Bhikkhu atau Bhikkuni
2. Sutta Pittaka berisi tentang sabda-sabda Sang Buddha
3. Abhidhamma Pittaka berisi metafisika Buddha Dhamma

Prinsip agama Hindu dan Buddha sama yaitu menuju pembebasan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar