.

Selamat Datang Di Mari Belajar IPS

Sabtu, 01 Mei 2010

Kerajaan Kutai


Kerajaan Kutai terletak di Kalimantan Timur dianggap sebagai Kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Sumber sejarah tentang kerajaan Kutai ditemukan pada prasasti, yang tertulis pada tujuh buah yupa yang ditemukan di tepi sungai Mahakam. Prasasti tersebut ditulis dengan huruf Pallawa dan bahasa Sansekerta.

Dalam prasasti Kutai, tertulis bahwa Kudungga mempunyai anak yang bernama Aswawarman. Kemudian tertulis juga bahwa Aswawarman mempunyai anak yang bernama Mulawarman. Dalam salah satu yupa yang ditemukan itu, disebutkan bahwa Raja Mulawarman menghadiahkan 20.000 ekor sapi kepada para pendeta Hindu di Kerajaan Kutai. Pemberian hadiah dilakukan dalam sebuah upacara di tempat suci bernama Waprakeswara.

Berdasarkan nama-nama yang tertulis dalam prasasti tersebut, dapat diperkirakan bahwa Kudungga nama asli Indonesia adalah seorang datu yang mendatangkan Bhrahmana dari India untuk melakukan penobatan secara Hindu. Menurut para ahli sejarah nama kutai berasal dari istilah China kho thay, yang berarti kerajaan besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar