.

Selamat Datang Di Mari Belajar IPS

Minggu, 02 Mei 2010

Kerajaan Tarumanegara


Raja dari Kerajaan Tarumanegara yang terkenal adalah Raja Purnawarman. Hal itu dapat diketahui dari Prasasti Ciaruteun, yang ditemukan di tepi sungai Ciaruteun, Bogor. Yang merupakan salah satu dari tujuh buah prasasti yang menceritakan Kerajaan Tarumanegara.

Dalam Prasasti Ciaruteun, terdapat gambar dua telapak kaki, disertai tulisan dalam bahasa sansekerta yang terjemahannya dalam bahasa Indonesia kira-kira sebagai berikut:
" Ini (bekas) dua kaki, yang seperti kaki Dewa Wisnu, alah kaki yang muliaSang Purnawarman di negeri Taruma, raja yang gagah berani di dunia." Masa pemerintahan Purnawarman cukup lama, yakni lebih dari 22 tahun. Hal itu dapat diketahui dari Prasti Tugu, yang ditemukan di Cilincing, Jakarta.

Selain dari prasasti, keberadaan Kerajaan Tarumanegara juga dapat diketahui dari berita China. Salah satu berita China berasal dri catatan perjalanan Fa-Hien, pendeta Buddha. Ia menceritakan perjalanannya dari Sri Lanka ke Kanton pada tahun 441 setelah bertahun-tahun mempelajari agama Buddha di India. Kapal yang ditumpanginya mendarat di Ye-po-ti ( ejaan bahasa China dar kata jawadwipa, yang biasanya disamakan dengan Jawa ). Pada masa itu, hanya kerajaan Tarumanegara yang diketahui keberadaannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini